Jumat, 11 Desember 2009

Pandangan Behavioral


Berdasarkan pandangan behavioral, yang menekankan pada hadiah dan hukuman eksternal sebagai kunci dalam menentukan motivasi anak. Pendorong adalah stimuli atau kejadian-kejadian positif atau negatif yang dapat memotivasi perilaku anak-anak. Penganjur dari penggunaan dorongan menekankan bahwa mereka menambahkan minat atau ketertarikan pada kelas dan perhatian langsung menuju perilaku yang pantas dan menghindari perilaku yang tidak pantas (Santrock, 2008).

Seorang anak dapat termotivasi untuk pergi ke sekolah jika anak memiliki dorongan eksternal yang dianggap menyenangkan oleh anak, misalnya guru dapat memberikan stiker bintang jika anak selalu hadir di sekolah dan nantinya anak yang mengumpulkan banyak stiker bintang, anak akan diberikan rewards; sehingga anak akan tertarik untuk datang ke sekolah. Ruang kelas juga dapat dibuat semenarik mungkin, sehingga anak tertarik untuk datang ke sekolah. Orang tua juga dapat memotivasi anak dengan mengatakan bahwa jika anak dapat masuk sekolah terus, maka pada saat liburan anak boleh menentukan tujuan berlibur.

Santrock, J. W. (2008). Educational psychology (3rd ed.). New York: McGraw-Hill.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar